BEGINNER 7: MEMBUAT KALKULATOR SEDERHANA BERKONSEP OOP

Sabtu, 28 April 2012

Setelah cukup belajar mengenai konsep OOP dan konsep percabangan serta bagaimana membuat method set dan get, maka sekarang mari kita coba membuat aplikasi kalkulator sederhana. Buatlah sebuah class, kemudian  ikuti instruksi dari code dibawah ini.



class KalkulatorBeginner {
    //membuat 3 buah variabel
    private int bilangan1;
    private int bilangan2;
    private int hasil;
 
    //membuat method set dan get
    public void setBilangan1(int n){ bilangan1 = n; }
    public int getBilangan1(){ return bilangan1; }
 
    public void setBilangan2(int n){ bilangan2 = n; }
    public int getBilangan2(){ return bilangan2; }
 
    //karena kita tidak boleh mengeset hasil dari luar,
    //maka kita hanya membuat getHasil
    public int gethasil(){ return hasil; }
 
    //membuat langkah proses
    public void hitungPenjumlahan(){
        hasil = bilangan1+bilangan2;
    }
 
    public void hitungPengurangan(){
        hasil = bilangan1-bilangan2;
    }
}

Setelah itu, buatlah sebuah class baru, kemudian ketikkan code anda seperti dibawah ini. (usahakan ketik sendiri sambil dipahami. JANGAN COPAS).



class KalkulatorBeginner_App{
    public static void main(String[] args){
        //membuat objek baru
        KalkulatorBeginner x = new KalkulatorBeginner();
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        boolean lanjut = true;
     
        //penerapan konsep perulangan while supaya menunya berulang
        while(lanjut==true){
            System.out.println("");
            System.out.println("=========================");
            System.out.println("Kalkulator Beginner App");
            System.out.println("1. Penjumlahan");
            System.out.println("2. Pengurangan");
            System.out.println("3. Exit");
            System.out.println("=========================");
            System.out.print("pulihan anda : ");
            int pilihan = input.nextInt();
            System.out.println("");
         
            System.out.print("Masukkan bilangan pertama : ");
            int bil1 = input.nextInt();
            x.setBilangan1(bil1);
            System.out.println("");
         
            System.out.print("Masukkan bilangan kedua : ");
            int bil2 = input.nextInt();
            x.setBilangan2(bil2);
            System.out.println("");
         
            //penerapan konsep percabangan if
            if(pilihan==1){
                x.hitungPenjumlahan();
                System.out.println("Hasil Penjumlahan = "+x.gethasil());
            }
            else if(pilihan==2){
                x.hitungPengurangan();
                System.out.println("Hasil Pengurangan = "+x.gethasil());
            }
            else if(pilihan<1 || pilihan>3)// tanda || artinya adalah "atau"
                System.out.println("Input anda salah");
            else
                lanjut=false;
        }
    }
}

cobalah untuk run class kedua (class main) anda. kurang lebih hasilnya akan seperti dibawah ini, dan menunya akan terus berulang sampai anda memasukkan input berupa angka 3.




=========================
Kalkulator Beginner App
1. Penjumlahan
2. Pengurangan
3. Exit
=========================
pulihan anda : 1

Masukkan bilangan pertama : 12

Masukkan bilangan kedua : 6

Hasil Penjumlahan = 18

=========================
Kalkulator Beginner App
1. Penjumlahan
2. Pengurangan
3. Exit
=========================
pulihan anda :

sekian dulu tutorial beginner 7 kali ini. Jika anda mau mengeksplorasi lebih dalam lagi, berikut saya sediakan codenya.
download

semoga bermanfaat, sampai jumpa di tutorial Beginner 8.

^___^

0 komentar:

Posting Komentar