Setelah cukup belajar mengenai konsep OOP dan konsep percabangan serta bagaimana membuat method set dan get, maka sekarang mari kita coba membuat aplikasi kalkulator sederhana. Buatlah sebuah class, kemudian ikuti instruksi dari code dibawah ini.
class KalkulatorBeginner {
//membuat 3 buah variabel
private int bilangan1;
private int bilangan2;
private int hasil;
//membuat method set dan get
public void setBilangan1(int n){ bilangan1 = n; }
public int getBilangan1(){ return bilangan1; }
public void setBilangan2(int n){ bilangan2 = n; }
public int getBilangan2(){ return bilangan2; }
//karena kita tidak boleh mengeset hasil dari luar,
//maka kita hanya membuat getHasil
public int gethasil(){ return hasil; }
//membuat langkah proses
public void hitungPenjumlahan(){
hasil = bilangan1+bilangan2;
}
public void hitungPengurangan(){
hasil = bilangan1-bilangan2;
}
}
Setelah itu, buatlah sebuah class baru, kemudian ketikkan code anda seperti dibawah ini. (usahakan ketik sendiri sambil dipahami. JANGAN COPAS).
class KalkulatorBeginner_App{
public static void main(String[] args){
//membuat objek baru
KalkulatorBeginner x = new KalkulatorBeginner();
Scanner input = new Scanner(System.in);
boolean lanjut = true;
//penerapan konsep perulangan while supaya menunya berulang
while(lanjut==true){
System.out.println("");
System.out.println("=========================");
System.out.println("Kalkulator Beginner App");
System.out.println("1. Penjumlahan");
System.out.println("2. Pengurangan");
System.out.println("3. Exit");
System.out.println("=========================");
System.out.print("pulihan anda : ");
int pilihan = input.nextInt();
System.out.println("");
System.out.print("Masukkan bilangan pertama : ");
int bil1 = input.nextInt();
x.setBilangan1(bil1);
System.out.println("");
System.out.print("Masukkan bilangan kedua : ");
int bil2 = input.nextInt();
x.setBilangan2(bil2);
System.out.println("");
//penerapan konsep percabangan if
if(pilihan==1){
x.hitungPenjumlahan();
System.out.println("Hasil Penjumlahan = "+x.gethasil());
}
else if(pilihan==2){
x.hitungPengurangan();
System.out.println("Hasil Pengurangan = "+x.gethasil());
}
else if(pilihan<1 || pilihan>3)// tanda || artinya adalah "atau"
System.out.println("Input anda salah");
else
lanjut=false;
}
}
}
cobalah untuk run class kedua (class main) anda. kurang lebih hasilnya akan seperti dibawah ini, dan menunya akan terus berulang sampai anda memasukkan input berupa angka 3.
=========================
Kalkulator Beginner App
1. Penjumlahan
2. Pengurangan
3. Exit
=========================
pulihan anda : 1
Masukkan bilangan pertama : 12
Masukkan bilangan kedua : 6
Hasil Penjumlahan = 18
=========================
Kalkulator Beginner App
1. Penjumlahan
2. Pengurangan
3. Exit
=========================
pulihan anda :
sekian dulu tutorial beginner 7 kali ini. Jika anda mau mengeksplorasi lebih dalam lagi, berikut saya sediakan codenya.
download
semoga bermanfaat, sampai jumpa di tutorial Beginner 8.
^___^
0 komentar:
Posting Komentar